Aldy Pradana
2 min readOct 25, 2020

Telat Paham Tentang Keuangan

Gara-gara Raditya Dika, saya jadi belajar banyak hal. Blog, stand up comedy, vlog, podcast, bahkan Reksa Dana.

Melihat video youtubenya yang membahas tentang menyusun dana kuliah anak, saya baru sadar bahwa saya tidak begitu paham tentang keuangan.

Saya tentu sudah ada dana darurat dan dana mempersiapkan untuk beli rumah. Tapi tidak sejauh dan sedetail itu.

Sama sekali, saya belum membahas tentang dana sekolah anak (TK-SD-SMP-SMA), apalagi dana kuliah anak.

Namun, itu masuk akal.

Mempersiapkan dana masa depan, apapun itu, termasuk penting. Sangat penting.

Misal, dana darurat, dana kesehatan, dana membeli rumah, dana menikah, dana lahiran anak, dana sekolah anak, dana kuliah anak, dana membeli mobil.

Tentu itu hanya misal, bisa diubah sesuai kehendak masing-masing.

Maka dari itu, saya pun belajar investasi. Belajar Reksa Dana.

Pasar uang, pendapatan tetap, campuran, saham.

Saya termasuk telat, dan semoga tidak terlalu terlambat. Semoga hanya bisa mengejar tentang keuangan ini. Bisa segera paham tentang investasi ini. Dan segera mempersiapkan untuk dana masa depan.

Aldy Pradana

Talks about Social Media, Movies, & Pop culture | Personal Blog: aldypradana.com | Instagram: @aldy_pradana17 & @arsenio.store.id