SOUL: Membicarakan Tujuan Kehidupan (Disney Plus)

Film ini tayang di Disney Plus pada tanggal 25 Desember 2020, pukul 15.00.

Saya langsung menonton, dan setelah menonton saya mendapatkan bahwa premis ceritanya seperti ini:

Joe Gardner, seorang guru musik di SMP, sudah memimpikan tampil di show Jazz sejak lama. Joe akhirnya mendapatkan kesempatan untuk bermain di acara musik setelah berhasil tampil bagus di depan seseorang musisi jazz terkenal.

Sayangnya, ia mengalami kecelekaan, dan nyawanya “dijemput” ke alam berikutnya. Tak mau “dijemput”, Joe Gardner memaksa agar dapat kembali ke dunia. Karena setelah banyak kegagalan, baru pada saat inilah, Joe dapat kesempatan untuk tampil di acara musik Jazz.

Dapatkah Joe Gardner kembali ke tubuhnya di dunia?

Disney kembali mengambil cerita seputar “kematian”. Sebelumnya sudah sempat dibahas di COCO, bedanya SOUL membahas apa yang sudah kamu lakukan di dunia? Perlukah kita sebagai manusia harus punya tujuan hidup di dunia? Punya passion yang “membakar semangat” selama hidup, atau hidup ya sekadar hidup?

Targetnya pun berbeda. COCO ditujukan untuk semua kalangan, dari anak-anak sampai dewasa. SOUL lebih ke remaja dan dewasa. Tokoh utamanya saja orang dewasa dengan passion musik jazz. So…. 🤷🏻‍♂️

Ini yang bagus dari SOUL, seperti mengajak kita untuk merenung tentang memahami kehidupan.

Sudah melakukan apa saja di hidupmu?

Sudah menemukan passion di hidupmu?

Sudah bersyukur dengan apa sudah terjadi di hidupmu?

Joe Gardner kehidupannya seputar musik Jazz. Passionnya di Jazz. Cuma kegagalan demi kegagalan, yang selalu ia temui selama menekuni musik Jazz. Yang membuatnya ia terdampar sebagai guru musik di SMP dan sering diomeli orang tuanya.

Walaupun tidak bertemu dengan kesuksesan, Joe Gardner mencoba sampai titik terakhir, bahkan ingin kembali ke kehidupan setelah “dijemput”.

Ini menohok buat saya, karena membuat saya bertanya: “Punyakah saya semangat seperti itu di dunia ini? Punyakah saya semangat akan sesuatu, dan saya tidak ingin selesai, sampai akhirnya berhasil di sesuatu tersebut”

Ini film yang bagus, terutama bagi remaja, dewasa muda, dan dewasa agak tua, hehe.

Film yang mengajak untuk merenung, memikirkan kehidupan, passion, dan rasa syukur selama hidup di dunia.

Mungkin, SOUL tidak sebesar Inside Out dan COCO, tapi tetap punya sisi menyentuh khas Disney dan sangat cocok ditonton di kala pandemi ini.

Talks about Social Media, Movies, & Pop culture | Personal Blog: aldypradana.com | Instagram: @aldy_pradana17 & @arsenio.store.id

Talks about Social Media, Movies, & Pop culture | Personal Blog: aldypradana.com | Instagram: @aldy_pradana17 & @arsenio.store.id