Semakin Tinggi Kepercayaan, Semakin Banyak Orang Akan Menjalin Hubungan Bisnis Denganmu

Aldy Pradana
2 min readJan 15, 2021

--

vanrijmenam.nl

Masih di buku yang sama, sekarang saya masuk bab ketiga dari buku Unmarketing dengan tema utama: kepercayaan.

Dari buku itu, saya mengambil bahwa kepercayaan adalah dorongan untuk membeli barang.

Ini adalah poin penting dalam pelayanan dasar bisnis. Sayangnya, masih sering gagal dipahami oleh pemilik bisnis.

Beberapa perusahaan mencoba menawarkan layanan atau produk secara gratis. Padahal cara ini tidak selalu mengatasi masalah kepercayaan.

Kamu tidak menghadiri suatu acara untuk mendapatkan klien. Kamu pergi ke sana untuk membangun hubungan. Tujuanmu selalu membutuhkan adanya hubungan, sementara bisnis akan mengikuti.

Pergilah keluar, berjejaring dan bertemu orang lain dalam industrimu. Atau, pergi ke pasar lokal dan memberitahu mereka tentang bisnismu. Para berbisnis lokal bisa menjadi klien dan merekomendasikan kepada orang lain.

Saya mengerti maksud dari bab ini.

Saya sedang berjualan online. Kebanyakan yang beli produk saya, ya, orang yang sudah kenal saya.

Orang yang sudah kenal saya, tanya tentang harganya, ukurannya, ongkos kirim berapa. Mereka sudah terhubung dengan saya, makanya mau bertanya bahkan sampai membeli produk yang saya jual.

Kepercayaan adalah yang dipegang dari pelanggan saya.

Itu dia rangkuman singkat dari bab ketiga, buku Unmarketing. Semoga tulisan ini bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

https://beacons.ai/aldypradana17

Instagram: @arsenio.store.id dan Tokopedia: Arsenio Apparel Store

--

--

Aldy Pradana

Talks about Social Media, Movies, & Pop culture | Personal Blog: aldypradana.com | Instagram: @aldy_pradana17 & @arsenio.store.id