Pelajaran dari Sebuah BRAND

Saya sudah membeli buku UNBRANDING ini lama sekali, tapi belum sempat mengambil poin-poin penting dari buku ini.

Pertama, karena sepertinya ekspektasi saya ketinggian, beberapa hal di buku ini bisa didapatkan di Google. Kedua, saya merasa rangkuman buku UNMARKETING sudah lebih bagus dan lebih menyeluruh secara isi.

http://www.aldypradana.com/2021/02/review-buku-unmarketing.html

Kemarin, saya sempatkan untuk membaca kembali buku UNBRANDING. Ternyata, ada satu bab (mungkin bisa bertambah) yang ingin saya catat di blog ini.

Di buku ini disebutkan, ada 4 faktor yang mempengaruhi suatu brand. Faktor-faktor yang dapat membuat brand berkembang di era disruptif dan inovasi. 4 faktor itu adalah kenyamanan, biaya, kemudahan, dan konvergensi.

Kenyamanan

Kita semua menginginkan pelanggan yang setia.

Kita semua ingin produk kita menjadi bagian dari kebiasaan hidup seseorang: kopi yang selalu mereka minum, penginapan yang selalu mereka tempati, toko yang selalu mereka kunjungi, dll.

Dengan memiliki kesetiaan pelanggan, kita jadi tidak punya saingan. Pelanggan memilih bisnis kita, bahkan tanpa memikirkan bisnis lain yang serupa.

Semua brand sukses dapat menggiring pelanggan dari rasa membutuhkan produk ke rasa nyaman.

Ketika suatu kebutuhan telah terpenuhi, lahirlah sebuah kepercayaan.

Biaya

Biaya akan selalu menjadi hal penting.

Bukan berarti kita harus menurunkan harga serendah mungkin untuk mendapat kesetiaan pelanggan.

Faktanya, banyak dari sebagian besar brand mahal-mahal yang berhasil mengatasi hal tersebut.

Fokus pada biaya berarti benar-benar memfokuskan pada nilai yang dapat mereka rasakan, dan memberikan sesuai dengan apa yang telah mereka bayar.

Brand sukses, memastikan setiap pelanggan merasa membelanjakan uangnya dengan baik, menjelaskan mengapa produk mereka bernilai, dan memastikan bahwa harga yang ditawarkan merupakan harga yang terbaik.

Kemudahan

Produk dan jasa tidak hanya menghabiskan uang pelanggan, tetapi juga waktu mereka. Setiap orang punya kesibukannnya masing-masing.

Banyak brand sukses, mengapresiasi dan menghemat waktu para pelanggannya.

Konvergensi

Pelanggan bisa setia, karena merasa nilai-nilai idealnya sejalan dengan brand yang mereka pilih/beli.

Kegiatan bisnis yang paling berhasil adalah memahami pelanggan dan apa yang mereka percayai, lalu menjadikan produk & jasa brand sebagai identitas pelanggan.

Talks about Social Media, Movies, & Pop culture | Personal Blog: aldypradana.com | Instagram: @aldy_pradana17 & @arsenio.store.id

Talks about Social Media, Movies, & Pop culture | Personal Blog: aldypradana.com | Instagram: @aldy_pradana17 & @arsenio.store.id