Membahas The Falcon and Winter Soldier Finale [SPOILER ALERT]

Disneyplusoriginals

Pada Jum’at, 23 April 2021, telah tayang episode terakhir dari The Falcon And Winter Soldier di Disney Plus.

Bagi yang belum tahu ini bercerita tentang apa, berikut adalah premis singkat yang saya ambil dari wikipedia.

“6 Bulan setelah Captain America (Steve Rogers) memberikan perisainya, Sam Wilson (Falcon) harus bekerja sama dengan Bucky Barnes (Winter Soldier) untuk menghadapi masalah baru yang menghadang.”

Itu cuma premis singkat tanpa deskripsi lebih. Kalau mau lebih detil, sebenarnya tiap karakter punya masalahnya sendiri-sendiri. Akan saya jelaskan, tentunya bakal mengandung spoiler.

Cinemags

Bucky Barnes — Winter Soldier

Setiap karakter punya masalah, tapi sayangnya, serial ini hanya membahas sedikit konflik tiap batin tiap tokoh. Jadi, masalah per karakter tidak terlalu mendalam. Sepertinya, Disney dan MCU ingin membuatnya tetap sederhana dan mudah dimengerti bagi penontonnya.

Bucky Barnes punya masa lalu sebagai Winter Soldier, dimana dia membunuh banyak orang tanpa ia sadari.

Sekarang, ia sudah “sadar” dan harus melawan mimpi buruk itu. Ia harus berjalan di dunia sebagai manusia yang sudah “memaafkan” masa lalunya, dan meninggalkan gelar pembunuh berdarah dingin yang melekat di dirinya.

Karakter Winter Soldier ini sebenarnya lebih menarik dibanding Sam sebagai Falcon, tapi sayang sekali, cuma dibahas sampai di “permukaan” saja.

Film School Rejects

Sam Wilson — The Falcon/Captain America

Sam diberikan tempat menjadi tokoh utama di serial ini. Namun, entah kenapa, dia… biasa saja.

Saya sendiri kurang tertarik dengan karakternya. Bagian yang menarik dari Sam, ketika ia akhirnya mau mengambil jabatan sebagai Captain America (sebelumnya, ia menolak. Pernah saya bahas di postingan ini, juga di podcast di bawah ini).

https://open.spotify.com/episode/33WDgc4wrMCZxrH1LgCq3u?si=FBAqkhI8TTKGFieCkKi1LA

Podcast: Aldy Pradana

Kita baru bisa melihat kostum baru Captain America dengan unsur Falcon di episode 6. Persis sekali dengan komiknya.

Tinggal pertanyaannya, apakah ia akan memimpin Avengers di film phase 4?

Marvel Studios

John Walker — Captain America/U.S. Agent

Captain America baru di episode 1 sampai di episode 4.

Karakter ini kayaknya dibenci di serial, juga di media sosial.

John Walker, Captain America yang ditunjuk pemerintah, terbebani dengan gelar tersebut. Sampai pada suatu misi, ia akhirnya gagal menjalankan tugasnya, dan melakukan kesalahan fatal.

Cerita itu terangkum di episode 4, salah satu yang episode terbaik di serial ini.

Pada episode 6, ia kembali menggunakan kostumnya. Perbedaannya, ia tidak memakai perisai khas Captain America. Dia juga mengenakan baju dengan warna hitam merah. Mengubah namanya menjadi U.S. Agent.

Disneyoriginals

Zemo

Muncul pada beberapa episode, karakter Zemo malah mencolok dibanding Falcon dan Winter Soldier. Punya rencana, punya motivasi yang jelas, dan berhasil menjalankan misinya.

Dari sudut pandang saya, keberadaan Zemo berfungsi untuk menjelaskan lebih dalam tentang serum super soldier. Selama petualangannya berlangsung, malah seakan-akan Zemo menjadi pemimpinnya.

Btw, Dancing Zemo cukup menjadi GIF yang trending di twitter.

Comics Beat

Review Singkat

Setelah 6 episode dengan durasi yang berbeda-beda. Serial ini selesai dengan tulisan: Captain America And The Winter Soldier.

Sudah jelas, ini memang perjalanan Sam Wilson mengambil jabatan sebagai The New Captain America. Walaupun, selama perjalanan menuju ke sana, karakter lain seperti Zemo, Bucky, bahkan John Walker terasa lebih menarik.

Adegan aksi terbagi secara merata dari episode 1–6.

Awal, tengah, dan akhir cerita tiap episode selalu ada adegan aksi. Masalahnya, setiap adegan aksi terasa sibuk sendiri. Heboh sendiri. Semua berlalu terlalu cepat, tanpa meninggalkan rasa. Paling hanya beberapa action scene yang membuat saya peduli.

Flag Smasher juga punya power level yang kurang jelas. Iya, mereka villain dengan kekuatan serum super soldier. Hanya saja, mereka tiba-tiba bisa seimbang melawan Falcon dan Winter Soldier yang pernah bertarung melawan pasukan Thanos.

Singkatnya,

The Falcon and Winter Soldier tidak terlalu istimewa, tapi tetap bisa menjadi tontonan hiburan di kala pandemi.

Talks about Social Media, Movies, & Pop culture | Personal Blog: aldypradana.com | Instagram: @aldy_pradana17 & @arsenio.store.id

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store