[Cerita Berjualan] Rainbow Crepes Sidoarjo (Part 3: Pre-Order dan Cash On Delivery)

Aldy Pradana
3 min readMar 16, 2023

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Meneruskan cerita yang sebelumnya, saya akan melanjutkan cerita berjualan saya. Part 2: https://aldypradana.medium.com/cerita-berjualan-rainbow-crepes-sidoarjo-part-2-memindahkan-booth-dan-mencari-karyawan-4ce9f51e7eac

Keputusan Besar

Setelah rapat sedemikian rupa, akhirnya kami harus mengambil kembali boothnya. Ada beberapa pertimbangan yang ada, kemungkinan yang terpikirkan di benak kami, dan dari itu semua, terpilihlah keputusan bahwa kami, mau take it slow dulu.

Minggu, 26 Februari 2023, booth kami ambil kembali.

Pagi-pagi, kami ke lokasi untuk melepaskan tenda, dan membawa booth kembali ke rumah menggunakan mobil pick up yang sama.

Dengan kecewa, kami menaruh lagi di teras, melepaskan bagian booth satu per satu, kemudian membawa semuanya kembali ke lantai dua.

Kami kembali ke titik awal, tanpa ada perkembangan. Berhenti di pencarian karyawan. Yang ternyata rumit sekali. Kami memang tidak ada mentor, semuanya murni belajar sendiri. Jadi, segala kekurangan ini memang tampak sekali seperti pedagang pemula. Yang memang betul.

Lalu, selanjutnya apa?

Kembali ke Cara Lama

Kami sepertinya akan kembali berjualan lewat pre-order.

Dulu, kami sempat mencoba menjual barang dagangan ke beberapa teman, sebelum akhirnya membuka booth di depan Alfamart.

Kami buka pre-order, kemudian COD-an di suatu tempat. Biasanya, kami membuka pre-order seminggu dua kali. Satu hari diantara Senin sampai Jumat, dan satu hari lagi di hari Minggu.

Kekurangan dari sistem ini adalah pembelinya hanya kenalan kami saja.

Makanya, kami dulu memutuskan untuk membuka booth di Alfamart untuk meluaskan pembelinya. Rencana itu tidak dapat terlaksana (untuk sekarang), maka dari itu, kami pun kembali ke sistem yang pre-order dan COD-an.

Sambil Mempersiapkan Untuk Bulan Ramadan

Kami sedang fokus merapikan akun instagram kami: @rainbowcrepes_sidoarjo

Makanya, kami ingin buka juga di layanan pesan antar online, seperti Grab Food, Go Food, Shopee Food. Untuk kali ini, baru Go Food yang sudah selesai pengaturan menu dan alamatnya. Yang lainnya, akan menyusul. Link Go Food: https://gofood.co.id/surabaya/restaurant/rainbow-crepes-puri-surya-jaya-taman-nagoya-1cc61ede-b5d9-4582-94b0-1454f89da97c

Seperti yang saya bilang di awal, kami mau take it slow dulu.

Kami rehat sebentar di awal bulan Maret, lalu baru akan memulai berjualan rutin lagi di bulan puasa. Kami mau memulai Rainbow Crepes pelan-pelan, sambil melihat lagi perkembangannya bagaimana.

Itu saja untuk part 3. See you in the next part.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

--

--

Aldy Pradana

Talks about Social Media, Movies, & Pop culture | Personal Blog: aldypradana.com | Instagram: @aldy_pradana17 & @arsenio.store.id