ATM: Amati — Tiru — Modifikasi

Kata-kata di atas sebenarnya tidak terlalu baru. Sudah banyak melintang dalam banyak hal.

Mungkin yang bisa saya sampaikan hanyalah pengingat dan contoh dari ATM yang berhasil.

Pengingat: usahakan sampai ke tahap Modifikasi, jangan sampai berhenti di bagian Tiru. Karena bagian Modifikasi adalah faktor pembeda dengan yang lain.

Maksudnya apa?

Akan saya jelaskan dalam bentuk contoh.

“Moshimo Mata Itsuka (Mungkin Nanti)”

Banyak lagu yang direcycle, banyak lagu yang dicover ulang. Tapi ini adalah lagu yang direkam ulang dan benar-benar disajikan dalam bentuk yang berbeda.

Yang berubah bukan hanya musik, tapi lirik (ditranslate ke Bahasa Jepang).

Walaupun ini sebetulnya lagunya Ariel juga, tapi Ariel paham bahwa ini lagu legend Peterpan. Jadi perubahannya harus banyak (modifikasinya harus banyak).

Lagu ini sekarang dilihat 35 juta di Youtube.

Contoh lain, Menghapus Jejakmu (direkam ulang bersama BCL) dan Kala Cinta Menggoda. Di Kala Cinta Menggoda yang benar-benar berbeda dari versi sebelumnya. Sampai membuat band NOAH mendapat dua piala AMI.

“Podkesmas”

Podcast banyak sekali sekarang. Di spotify ataupun di Youtube dengan format Video Podcast.

Permasalahannya, siapa yang benar-benar menonjol di dunia podcast Indonesia?

Orang mungkin akan bilang di Deddy Corbuzier, tapi saya akan bilang Podkesmas.

Podkesmas terdiri dari Omesh, Angga Nggok, Surya Insomnia, dan Imam Darto. 4 orang yang sudah punya nama dan banyak pengalaman ini, memainkan podcast ke asalnya, yaitu theatre of mind.

Video podcast banyak sekali dan jatuhnya hampir mirip, karena mengandalkan format interview. Podkesmas mengandalkan bercandaan anak tongkrongan, obrolan ringan, dan cerita dari masing-masing individu.

Semakin banyak referensi, semakin bagus.

Ini agar terhindar dari plagiarisme.

Misal, anda pembuat lagu pop. Anda sebaiknya mendengarkan semua genre. Jangan hanya berhenti di lagu pop sebagai referensi. Dengarkan lagu rock, reggae, metal, blues, hip hop, dll. Dengarkan juga lagu Indonesia, lagu dari Inggris, Amerika, bahkan negara lain.

Semakin banyak yang didengar, semakin banyak ilmu yang didapat.

Sehingga saat membuat lagu pop, konsep ATM: Amati — Tiru — Modifikasi akan menjadi sesuatu yang berbeda dan terasa baru.

Untuk contoh ATM yang pernah saya lakukan ada di podcast berikut:

Semoga bermanfaat.

Sekian dan terima kasih.

Talks about Social Media, Movies, & Pop culture | Personal Blog: aldypradana.com | Instagram: @aldy_pradana17 & @arsenio.store.id

Talks about Social Media, Movies, & Pop culture | Personal Blog: aldypradana.com | Instagram: @aldy_pradana17 & @arsenio.store.id